Remarriages & Stepparenting

Posted on May 17, 2011

0


Menikah kembali dan menjadi orangtua tiri merupakan suatu hal yang kompleks. Keputusan tersebut berdasarkan buku Human Development karangan Papalia, terjadi karena adanya 3 faktor, yaitu:
1. wanita yang bercerai di usia muda berkecenderungan lebih tinggi untuk menikah kembali dan berkecenderungan lebih tinggi juga untuk bercerai kembali berdasarkan penelitian dari Bramlett & Mosher
2. pasangan yang menikah kembali, biasanya memiliki kemiripan minat dan nilai yang lebih rendah dari pasangan yang pertama. Contohnya, mantan suami pertama sangat suka golf yang mana mungkin sumber pertengkaran mereka, maka wanita ini akan berkemungkinan mencari pria yang tidak suka golf.
3. bagi orang yang telah terluka dan kehilangan (duda/janda), keluarga campuran memiliki potensi dalam memberikan rasa hangat, dan lainnya. Contohnya, seorang janda yang bercerai dengan mantan suaminya karena mantan suaminya ketahuan selingkuh. Ternyata si wanita ini kemudian bertemu dengan duda yang bercerai karena mantan istrinya berselingkuh dengan pria lain. Maka diantara kedua pasangan ini dapat tumbuh rasa cinta dikarenakan rasa persamaan dimana pada dikarenakan mereka memiliki latar belakang masalah perceraian yang sama maka mereka akan dapat saling berbagi dan menguatkan demi langgengnya pernikahan kembali mereka.

Posted in: Konseling